Speedy_

Cek Pemakaian Speedy >>>>

Speed Test Speedy

Aplikasi “Quota Alert” Speedy

Panduan / bantuan Aplikasi “Quota Alert” Speedy

Trouble Shot

Setting dan troubleshooting SPEEDY

mensetting koneksi komputer menggunakan protocol DHCP agar komputer mendapat IP yang dialokasikan oleh modem
ADSL
Hal-hal yang perlu diperhatikan: Kita harus mensetting koneksi komputer menggunakan protocol DHCP agar komputer
mendapat IP yang dialokasikan oleh modem. Lakukan langkah-langkah berikut : Pilih interface Ethernet yang digunakan,
dlm contoh ini interface yang digunakan adalah Bridge
Klik Start -> Setting -> Network Connection -> Bridge
Akan muncul windows status
Klik PropertiesKlik Internet Protokol -> Properties
Check di Obtain an IP Address automatically ->Klik OK
Lakukan perintah ipconfig untuk mengetahui IP Address dari modem. Klik Start-> Run -> ketik cmd akan muncul
Command Prompt Ketik perintah ipconfig Jika koneksi berhasil maka kita akan mendapatkan IP address seperti pada
gambar diatas. Untuk mengetahui IP modem yang akan kita konfigurasi, kita bisa lihat IP Default Gateway. Pada
gambar diketahui IP Gateway (ip modem) adalah 192.168.1.254 IP modem untuk konfigurasi berbeda-beda tergantung
dari setting awal vendor modem. Berikut panduan settinf beberapa modem ADXL.
Modem JieSai Untuk modem JieSai, konfigurasi dapat dilakukan melalui web pada alamat http://192.168.1.1 Gunakan
username: admin password: admin jika login berhasil akan muncul menu utama. Untuk melakukan konfigurasi, Pilih
menu Setup Plih New Connection atau Connection 6 Masukkan parameter-parameter Speedy: Connection Type
: Bridge Encapsulation : LLC/SNAP ATM PVC Setting : VPI : 8 VCI : 81 Modem Aztech DSL 305EU Untuk modem
Aztech DSL 305EU, alamat web untuk konfigurasi adalah, http://10.0.0.2 (ingat!!! Lakukan prosedur untuk membebaskan
ip pada komputer anda terlebih dahulu) Pilih Advanced Mode untuk konfigurasi Masukkan parameter-parameter
Speedy: Connection Type : Bridge Encapsulation : LLC/SNAP ATM PVC Setting : VPI : 8 VCI : 81 Simpan
konfigurasi dan restart modem Untuk melihat status koneksi klik menu ADSL Status
TROUBLE SHOOTING kebanyakan gangguan akses Speedy itu berasal dari sisi CPE (Costumer Premises Equiptment)
atau disebut juga kelengkapan-kelengkapan di sisi user seperti modem dan splitter hingga kesalahan sepele seperti
salah username dan password. Nih tips nya silakan coba. Lihat IP modem: Klik Start – Run – ketik cmd
(pada Windows XP/Vista), command (pada Windows 98/2000) lalu muncul halaman command dan ketik ipconfig/all dan
enter. Lihat IP Gateway (modem). Misal IP Gateway adalah 192.168.1.1. Gambar beikut menunjukkan
displayipconfig/all.
Gambar Tampilan perintah ipconfig/all Cek koneksi PC ke modem ADSL: Klik Start – Run, ketik ping
192.168.1.1 -t, sehingga muncul tampilan seperti gambar berikut. Gambar koneksi PC-modem bagus Kemudian Cek
koneksi PC ke DNS Telkom: Klik Start – Run, ketik ping 202.134.0.155 -t, sehingga muncul tampilan berikut,
Gambar Koneksi modem – DNS bagus Jika Koneksi gagal setelah login speedy dan pesan command tidak
sama dengan di atas misal “request time out” atau “destination host unreachable” seperti
yang ditunjukkan pada gambar. Gambar Koneksi modem – DNS gagal Maka lakukan troubleshooting
sebagai berikut: 1. Pastikan saluran telepon baik dengan mengangkat pesawat telpon dan mendapat nada dial. 2.
Pastikan kabel Ethernet Modem – PC dan kabel modem – telepon terhubung dengan baik. Tidak ada PABX,
paralel telepon atau peralatan lain yang terhubung sebelum splitter. 3. Matikan modem dan tunggu sekitar 1 menit,
nyalakan kembali dan pastikan lampu ADSL menyala tanpa blinking. 4. Pastikan username dan password sudah benar
Username : No.speedy@telkom.net Password : xxxxx 5. Jika LAN disable. Klik Start – Settings –
Control Panel – Network connection – Local Area Connection, Double klik Local Area Connection untuk
men-enablekan LAN. 6. ADSL tidak blinking tetapi koneksi PC ke DNS “request time out”. Matikan fitur
firewall (lihat user manual modem) di sisi modem, lakukan restart modem ADSL. 7. Pesan DNS masih “request
time out” atau tidak mendapat IP. Lakukan setting IP: a.Pada windows XP Klik Start – Settings –
Control Panel – Network connection – Local Area Connection – TCP/IP. Isi kolom TCP/IP berikut:
IP address : 192.168.1.x (x dapat diisi angka 2 sampai 253) Subnet mask : 255.255.255.0 Gateway : 192.168.1.1 (Harus
sama dengan IP address modem) Preferred DNS : 192.168.1.1 dan Alternate DNS : 202.134.0.155 b.Pada Windows
98/ME/2000 Klik Start – Settings – Control Panel – Network – Configuration tab –
TCP/IP Properties. Isi kolom TCP/IP sebagai berikut: IP address : 192.168.1.x (x dapat diisi angka 2 sampai 253) Subnet
mask : 255.255.255.0 Preferred DNS : 192.168.1.1dan Alternate DNS : 202.134.0.155 8. Jika modem hang. Refresh dan
Setting ulang modem via menu modem (lihat user manual modem, Note: VPI=8, VCI=81 untuk kota Padang) 9. Hubungi
147 untuk informasi lebih lanjut. Nah untuk anda yang berlangganan Speedy berbasis ADSL ini, kalo ada gangguan
coba deh ikutin cara-cara ini dan jangan cepat2 utk nelpon ke 147. Oke Berikut isi lembaran petunjuk troubleshooting
dalam Bahasa Inggris. TROUBLESHOOTING SPEEDY Check IP Router: Select Start – Run – type cmd
(for Windows xp/Vista), command (for Windows 98/2000) so display command tab, type ipconfig/all and select enter.
Check IP Gateway (router), for instance IP Gateway is 192.168.1.1 (lihat pada Gambar ). Check connection, PC to
.: aNoThEr_sIdE_aBouT_LiFE :.
http://www.obedilleh.web.id Powered by Joomla! Generated: 8 April, 2008, 15:07
ADSL Router: Select Start – Run, Type ping 192.168.1.1 –t (lihat Gambar ) Check connection, PC to
DNS: Select Start – Run, Type ping 202.134.0.155 –t (lihat Gambar ) If connection is failure after Login
and command displays not same as above like “request time out” or “destination host
unreachable” (lihat gambar ). Do Troubleshooting: 1. Ensure that line is good by checking phone. Phone has a
dial tone. 2. Ensure that Ethernet cable, ADSL Router – PC and Router-line connecting well. No PABX, no parallel
phone or other devices connecting to line before splitter connected at first. 3. Unplug ADSL router and wait for 1 minute,
then plug again and ensure that router is turned on the DSL solid. 4. Ensure that username and password are true
Username : No.speedy@telkom.net Password : xxxxx 5. LAN is disable. Select Start – Settings –
Control Panel – Network connection – Local Area Connection, for enabling LAN. 6. ADSL is not flash but
connection PC to DNS “request time out”. disabling any firewall router (look at user manual for router), then
restart ADSL router. 7. Command displays “request time out” or has no IP. Set IP: a.Windows XP Select
Start – Settings – Control Panel – Network connection – Local Area Connection –
TCP/IP. Type as follow: IP address : 192.168.1.x (x typed by 2 to 253) Subnet mask : 255.255.255.0 Gateway :
192.168.1.1 (This must be your Router’s IP address) Preferred DNS : 192.168.1.1 and Alternate DNS :
202.134.0.155 b.Windows 98/ME/2000 Select Start – Settings – Control Panel – Network –
Configuration tab – TCP/IP Properties. Type as follow: IP address : 192.168.1.x (x typed by 2 to 253) Subnet
mask : 255.255.255.0 Preferred DNS : 192.168.1.1 and Alternate DNS : 202.134.0.155 8. Set and Refresh ADSL router
(look at user manual for router, Note: VPI=8, VCI=81 in solo) 9. Call 147 for more information
.: aNoThEr_sIdE_aBouT_LiFE :.
http://www.obedilleh.web.id Powered by Joomla! Generated: 8 April, 2008, 15:07

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: